Selasa, 02 Juni 2009

Sekilas Info Tentang hubungan MIN Denpasar dengan AAS

Adopt - A - School Association ( AAS ) merupakan organisasi sosial yang bergerak di bidang pendidikan dan berpusat di Perth Australia Barat. Organisasi ini didirikan atas dasar keprihatinan guru-guru di Australia Barat terhadap tragedi BOM Bali I tanggal 12 Oktober 2002 dimana banyak korbannya yang berasal dari Bali yang memiliki anak usia sekolah dan kesulitan dengan biaya pendidikan mereka.

Mrs. Susan Cromb adalah seorang guru setingkat SMA di Australia yang memprakarsai berdirinya AAS tersebut dan bendaharanya adalah Mrs. Sherryn Reid yang bekerja sebagai guru Pre- Elementary ( TK ) dan Primary ( SD ) Cloverdale yang juga berlokasi di Australia Barat.

Jauh hari sebelum terbentuknya AAS Mrs. Sherryn Reid sudah sering ke Bali sehingga sudah hapal betul karakter, budaya dan adat istiadat orang Bali namun tidak bisa berbahasa Bali maupun Indonesia. Beliau memiliki supir langganan yaitu Pak Ketut Iga Nur Hadi ( Bapaknya dari Palembang Ibunya dari Bali ) yang biasa antar jemput kemanapun Mrs. Sherryn tuju bahkan hingga ke jogjakarta.

AAS seringkali memberikan bantuan ke sekolah-sekolah yang ada di Bali baik berupa uang maupun barang kebutuhan pendidikan seperti komputer, buku perpustakaan, alat tulis, alat peraga dsb dan mayoritas sekolah yang dibantu berada di kawasan Bali utara yaitu di kabupaten Buleleng ( Singaraja ).

Pada suatu hari di tahun 2004, Mrs. Sherryn minta pendapat pada supirnya, sekolah mana lagi yang harus dibantu ? Sepontan pak Iga bilang ke sekolah anak saya aja. Dimana itu ? di MIN Denpasar ( kebetulan anak beliau memang bersekolah di MIN Denpasar ). Tak lama berselang, berkunjunglah mereka ke MIN Denpasar yang kebetulan saat itu kepala MIN nya Bapak Drs. Noer Yasin yang kurang maksimal dalam berkomunikasi bahasa Inggris dan dimintalah Bapak Drs. Arifmul Akmal yang saat itu menjabat sebagai Kepala MTS. Miftahul Ulum untuk menjadi penterjemahnya.

Sejak itulah hubungan tersebut terjalin baik dan disamping itu secara kebetulan pula bahwa Kepala MIN Denpasar ( Drs. Arifmul Akmal ) diberikan kepercayaan oleh AAS sebagai koordinator khusus wilayah Denpasar sejak tahun 2003 sehingga bantuanpun mengalir seperti yang diharapkan. Kami sangat terbuka dan karena itulah kami disuka dan sebelum kami meminta bantuan, biasanya mengajukan program terlebih dahulu, setelah dipertimbangkan biasanya mereka meresponnya dengan cepat.

Pada mulanya mereka memberikan beasiswa untuk 12 anak saja. Sejak TP 2007/2008 pendekatan dilakukan dengan berbagai macam upaya dan alhamdulillah mereka memberikan beasiswa untuk 42 orang dan masing-masing siswa yang diberi bantuan melalui AAS memiliki orangtua asuh yang latarbelakang pekerjaannya bermacam-macam. Ada yang berprofesi sebagai dokter, Pengusaha, guru, manager bank dll. Adapun kriteria penerima bea siswa antara lain adalah berprestasi namun miskin, salahsatu atau kedua orang tua anak tsb meninggal dan perlu dibantu, dll.

Selain beasiswa mereka juga memberikan bantuan komputer sebanyak 12 unit, Televisi, VCD, Alat-alat dan buku tulis serta berbagai macam literature yang ribuan jumlahnya, namun sayang MIN Denpasar belum punya ruang perpustakaan, hingga buku-buku tersebut menumpuk di gudang. Sangat disayangkan memang ?.

MIN Denpasar menjalin hubungan dengan Cloverdale Primary School dan Jalinan tersebut dikenal dengan istilah Sister School. Untuk mempererat tali silaturrahmi dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, maka anak-anak seringkali berkirim surat dari dan ke MIN Denpasar atau bahkan sering pula mereka langsung datang menemui sahabat penanya di MIN Denpasar saat mereka berlibur ke Bali.

Selain itu, karena kami dekat ke pantai Kuta atau Double Six, maka seringkali kami mengadakan praktek percakapan bahasa Inggris secara langsung dengan turis manca Negara. Dari sini pula terkadang kami mendapat relasi baru dari berbagai Negara dan untuk memperlancar proses pembelajaran di pantai tersebut , maka kami menggandeng Pengelola Pantai, Pecalang ( keamanan banjar adat ), Desa adat dan Dinas Pariwisata Daerah dan Alhamdulillah respon mereka sangat positif dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar